Manfaat Buah-buahan untuk Kesehatan Bagian 2

 
Jeruk nipis
khasiat dan manfaat jeruk nipis
Mungkin jeruk nipis bisa jadi buah yang jarang kita konsumsi karena rasanya yang asam dan getir. Namun, kandungan flavonoidnya bertindak sebagai antioksidan kuat. Flavonoid juga bermanfaat untuk membantu pencernaan. Selain itu, kandaungan serat larut yang tinggi dimiliki oleh buah jeruk nipis. Kandungan tersebut berguna untuk menyetabilkan gula darah serta menurunkan tekanan darah. Tidak hanya sampai di situ, asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu menyingkirkan bakteri dalam tubuh. "Read more"

Namun, perlu diingat, konsumsi jeruk nipis tidak boleh berlebihan. Kandungan asam yang cukup tinggi dapat mengiritasi lambung. Bukannya malah sehat, kamu malah sakit.

Semangka
khasiat dan manfaat buah semangka

Ketika menyebutkan kata ‘semangka’, kemungkinan besar kita akan langsung terbayang kesegaran yang terpancar dari warna merah menyala dengan sensasi dingin. Dengan semangka, kamu bisa merontokkan kandungan asam yang ada dalam darah. Peningkatan asam dalam darah tersebut antara lain karena konsumsi daging, goreng, kopi dan makanan yang manis-manis. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang ‘kurang’ sehat tersebut dapat mengakibatkan arthritis, keracunan urea dan encok. Oleh karenanya, konsumsi jus semangka secara teratur!


Alpukat
Kandungan dan Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ingin makan buah tetapi kalau bisa buahnya yang bikin kenyang? Nah, alpukat jawabannya. Alpukat memiliki kandungan lemak, kalori dan juga minyak sehingga menjadi sumber energi yang cukup untuk beraktivitas. Tidak saja itu, manfaat buah alpukat untuk kesehatan juga mencakup menjaga otot sendi tetap lentur dan juga mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.


Nah, mulai sekarang, buah-buahan sepertinya dapat jadi daftar utama dalam daftar belanjaan. Kalau merasa harga buah itu mahal, sebenarnya tidak. Triknya adalah dengan beli buah berdasarkan musim tertentu. Biasanya jika musimnya, harga buah akan cenderung lebih murah. Atau, kamu bisa membelinya di pasar tradisional.


Buah-buah seperti semangka, alpukat dan jeruk nipis tidak mahal. Bahkan, buah apel dan buah naga sudah jadi komoditi yang cukup umum sehingga harganya cukup terjangkau. Sebagai informasi saja, konsumsi buah masih cenderung minim di Indonesia. Tahukah kamu, berdasarkan data Riskesdas yang dirilis di tahun 2013 dikemukakan bahwa hanya sekitar 6,5% penduduk Indonesia yakni remaja dan dewasa yang sudah mengonsumsi sayur dan buah secara cukup.
Jadi, mulai sekarang, yuk, rajin konsumsi buah! Alam kita kaya, masa kita tidak bisa memperoleh manfaat buah-buahan untuk kesehatan kita? 

Baca Selanjutnya 

Comment

  • 2017/07/26 (Wed) 01:04
    # -
    Comment is pending approval.

    Comment is pending administrator's approval.

Leave a Reply


Only the blog author may view the comment.