Bisnis Online Shop Lancar Berkat Internet Banking

Sudah bukan rahasia lagi, jika kini situs pertemanan atau jejaring sosial banyak dimanfaatkan sebagai ajang untuk berjualan. Calon pembeli biasanya lebih nyaman berbelanja online, jika penjualnya adalah teman sendiri. Karena dengan demikian akan lebih mudah melacak keberadaannya jika terjadi masalah. Maka dari itulah, konsep beriklan barang dagangan di jejaring sosial menjadi semakin ngetren.

Bisnis Online Shop Lancar Berkat Internet Banking

Sebagai situs pertemanan, Facebook meraih urutan pertama sebagai website yang paling banyak diakses di Indonesia versi layanan penyedia data traffic web, Alexa. Maka tak heran jika kemudian Facebook dijadikan ajang berjualan secara online. Mulai dari cara yang paling sederhana, hingga yang perlu sedikit biaya untuk mempromosikan si bisnis. Selain itu ada pula media sosial dan forum lokal yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan secara online ini, yaitu MindTalk dan Kaskus. Bahkan media sosial tersebut pun menyediakan fitur khusus untuk berjualan. (Sumber Peluang Usaha di tahun 2017 - Rakyatsulsel)

Saat ini pun sudah banyak marketplace yang memberikan layanan untuk memudahkan kita berbelanja atau justru membuat toko online sendiri. Di portal marketplace tersebut, para penjual dan pembeli dipertemukan dalam dunia maya. Nah, untuk pembayarannya, bisa memanfaatkan internet banking. Salah satu internet banking yang handal digunakan untuk bertransaksi adalah ibank BCA, karena data dapat diakses secara real time.

Bila pelanggan Anda menggunakan rekening BCA juga untuk membayar barang dagangan Anda, maka dengan mudah Anda dapat melakukan pengecekan melalui sistem tersebut. Dengan demikian tak perlu mengandalkan bukti transfer atau bukti pembayaran dari pembeli, yang penting pembeli sudah konfirmasi, maka Anda pun dapat langsung melakukan pengecekan.

Internet banking BCA dapat diakses melalui alamat tautan klikbca.com. Tentu saja untuk dapat mengaksesnya, Anda harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu melalui ATM. Nah, jika langkah tersebut sudah dilakukan, maka dapat langsung login menggunakan nama user yang diperoleh di ATM. Setelah login, klik menu Informasi Rekening, dan tekan Mutasi Rekening. Lalu pada menu Mutasi Harian tentukan tanggal mulai dan tanggal akhir periode transaksi yang akan dilihat. Tekan Lihat Mutasi Rekening untuk menampilkan data.

Tips Mengelola Toko Online di Media Sosial

Toko online akan dilirik jika produk yang ditawarkan bagus dan berkualitas baik. Namun barang yang bagus tidak akan tampak menarik jika Anda tidak memajang foto yang berkualitas baik. Produk makanan, misalnya, akan terlihat lebih menggugah selera jika Anda membuat foto dengan teknik food photography yang baik. Bila perlu, gunakan jasa fotografer untuk membuat foto-foto produk Anda.

Buat deskripsi produk yang memenuhi standar SEO (Search Engine Optimization) sehingga produk di toko Anda mudah ditemukan melalui Google. Secara berkala, update foto produk Anda di halaman depan supaya etalase Anda selalu terlihat menampilkan produk-produk baru.

Lakukan promosi untuk berkunjung ke toko online Anda, tetapi jangan dalam bentuk spam. Promosi dapat dilakukan dengan membuat posting menarik di Facebook, tweet menarik di Twitter, foto yang cantik di Instagram, artikel dengan SEO (Search Engine Optimization), promosi di Instant Messenger seperti BBM (BlackBerry Messenger), Whatsapp, LINE, Wechat, Kakao Talk, dan lain-lain.

 Belajar Berbisnis Mumpung Masih Muda


Tentukan metode pembayaran yang paling mudah. Penggunaan rekening BCA sebagai rekening pembayaran adalah tindakan yang tepat, karena jaringannya luas dan kebanyakan sudah memiliki rekening ini.
Jika ada pesanan barang, kemas barang dengan packaging yang aman sehingga barang tidak rusak selama di perjalanan. Pesanan pakaian yang hanya dua atau tiga potong cukup dilipat rapi dan dimasukkan ke dalam amplop coklat. Tetapi pesanan dalam jumlah besar atau yang terbuat dari bahan yang mudah pecah atau rusak sebaiknya dibungkus dalam kotak.

Pilih perusahaan pengiriman barang dengan reputasi yang baik. Pelayanan menjadi elemen paling penting, karena hal itu mencerminkan komitmen pada pelanggan dan bagaimana pengiriman barang dilakukan secara tuntas. Pastikan perusahaan yang Anda pilih mampu mendistribusikan barang hingga ke kota-kota kecil pada waktunya, dan sesuai budget.

Sebagai pemilik toko online, Anda harus siap menjawab setiap pertanyaan pembeli dengan informatif. Jelaskan sejak awal mengenai persyaratan pembelian, misalnya syarat-syarat tentang penukaran barang atau jika terjadi kerusakan barang. Anda bisa meniru toko online besar yang umumnya menyediakan fasilitas penukaran barang. Bagaimana pun, kepuasan pelanggan terletak pada kualitas layanan yang Anda berikan.

Secara rutin, cek kata kunci brand milik Anda untuk mengetahui apakah sedang dibicarakan atau tidak. Berikan tanggapan untuk komentar positif maupun negatif yang dikirimkan oleh pelanggan. Segera lakukan penelusuran jika Anda menerima komplain dari pelanggan, sehingga Anda dapat menawarkan jalan keluarnya.

Comment

  • 2017/05/02 (Tue) 09:13
    # -
    Comment is pending approval.

    Comment is pending administrator's approval.

Leave a Reply


Only the blog author may view the comment.