Kartu Kredit, Tidak Selalu Berakibat Negatif

kartu kredit 


Sejauh ini, kartu kredit merupakan alat pembayaran yang semakin umum dilihat. Meski demikian, bisa dibilang sebagian masyarakat masih ragu terhadap alat yang satu ini. Wajar saja, selama ini banyak orang komplain tentang credit card, seperti dengan tagihan yang tinggi, ketidakmampuan dalam membayar, dan bahwa orang-orang yang memanfaatkannya terlihat sangat hedonis.

Miskonsepsi tentang credit card

Mari lihat apa saja yang membuat kartu ini mempunyai reputasi yang buruk. Kesalahkaprahan dan mitos-mitos negatif selalu mengelilingi kartu pembayaran ini. Apa saja itu? Inilah dia:
  • Sumber pemborosan
Dikatakan bahwa orang yang menggunakan credit card lebih boros daripada membayar tunai. Betulkah? Sifat boros atau tidak, itu tergantung sifat orangnya sendiri. Jika Anda pada dasarnya boros, Anda tidak perlu kartu ini untuk membuang uang.
  • Sumber hutang
Dikatakan bahwa kartu ini justru mengajarkan orang untuk menjadi berhutang. Hal ini bisa dibilang separuh betul. Anda harus ingat bahwa tagihan kartu tetap akan Anda terima setiap akhir bulan, dan Anda wajib membayarnya. Ketika Anda sudah selesai membayar tagihan tersebut, Anda sudah bebas.
  • Tidak aman
Sering juga beredar di masyarakat bahwa kartu ini sangat mudah dipalsu dan bisa dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab. Padahal, setiap transaksi yang dilakukan tercatat dengan rapi, dan keamanan kartu ini lebih baik daripada uang tunai.
Keuntungan credit card

Miskonsepsi di atas masih sering terjadi di kalangan masyarakat, walaupun pengguna dari kartu ini sendiri terus meningkat. Tampaknya mengubah pandangan masyarakat di mana mempunyai kartu ini sendiri sudah menjadi sebuah stigma negatif itu memang sulit, apalagi banyak orang yang cenderung untuk komplain dengan keras ketika mereka mempunyai masalah dengan kartu pembayaran milik mereka. Akibatnya, situasi ini membuat persepsi masyarakat tidak bertambah baik.

Walaupun begitu, bila dilihat secara obyektif, credit card sebenarnya diciptakan untuk mempermudah transaksi. Karena itu, ada banyak keuntungan yang sebenarnya bisa diambil, yaitu:

 Praktis
Anda tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak untuk membayar belanjaan Anda. Cukup gesek saja, Anda sudah bisa membawa pulang barang yang Anda beli.

 Bisa belanja online
Melakukan belanja online akan jauh lebih mudah dengan menggunakan kartu ini, apalagi jika Anda membeli dari luar negeri. Anda bahkan akan mendapatkan diskon atau poin khusus.

 Diterima di semua tempat
Menggunakan kartu ini, Anda bisa melakukan transaksi di seluruh dunia. Tidak hanya membayar, bahkan mengambil uang dari ATM.

 Mudah melacak transaksi
Karena setiap pembelian yang Anda lakukan dengan kartu ini selalu ditulis di tagihan, maka Anda akan mudah melacak dan juga mengontrol pengeluaran.

Mungkin manfaat terbesar yang sering digunakan oleh para pengguna credit card adalah promo. Sering kali bank telah bekerja sama dengan pusat perbelanjaan dan juga berbagai merchant untuk memberikan diskon ketika Anda menggunakan kartu milik bank tertentu, misalnya:

• Adanya promo buy 1 get 1 free.
• Potongan harga atau diskon dari 10% hingga bahkan 35% untuk pembelian barang tertentu.
• Mendapatkan bonus tambahan menu atau makanan di restoran.
• Cashback untuk transaksi yang telah ditentukan.

Promo kartu kredit tersebut tentunya bisa membuat Anda lebih jeli dan pintar dalam memanfaatkannya. Bagi Anda yang cermat, saat ini sebenarnya bisa digunakan untuk berhemat, atau setidaknya membuat Anda bisa mendapatkan barang yang sudah lama diinginkan dengan harga yang di bawah harga biasa. Hal-hal seperti ekstra tiket, paket hotel untuk liburan, dan menikmati fasilitas lounge di bandara juga termasuk.

Comment

Leave a Reply


Only the blog author may view the comment.